kue lebaraaan, kastengel dan nastar <3

Mungkin udah jadi tradisi kalo di beberapa rumah setiap lebaran selalu ada hidangan khusus, misal ketupat, opor, rendang, kue-kue kering, dan lain-lain. Kalau di rumah saya: kastengel is a must! And so does nastar. :D

Kastengel dan nastar-nya ga beli, tapi di buat sendiri. Dengan resep kastengel yang keju keju keju keju keju banget banget. Dan nastar yang ukurannya jumbo dengan selai yang dibuat sendiri!

So, begini penampakannya:

Kastengel

Nastar

Bahan adonan:

  • 1 kg tepung terigu
  • 4 kuning telur bebek
  • 800 gram mentega
  • 75 gram Wisjman butter
  • 300 gram Edam cheese (khusus untuk kastengel)
  • 250 gram cheddar cheese (khusus untuk nastar)

Lain-lain:

  • 1 kuning telur bebek, dikocok. Untuk disapukan ke atas adonan sebelum dipanggang.
  • 250 gram cheddar cheese, diparut. Untuk topping si kastengel.
  • Selai nanas. Untuk isi si nastar.

Selai nanas, bahan dan cara membuatnya:

  • 1,5 kg gula pasir untuk 8 buah nanas yang telah diparut.
  • Masukkan nanas yang telah diparut ke wajan besar.
  • Masukkan gula pasir.
  • Aduk sampai mengental dengan api sedang.
  • Tunggu sampai dingin, baru bisa digunakan sebagai isi nastar.

Cara buat kuenya:

  1. Campur semua bahan adonan di wadah besar. Aduk aduk aduk sampai tercampur rata.
  2. Uleni di meja adonan yang flat dengan menggunakan roll. Cetak cetak cetak.
  3. Khusus untuk nastar: masukkan isi selai, lalu bentuk sesuka hati.
  4. Tempatkan di loyang yang telah dilapisi kertas roti dan mentega.
  5. Sapukan kue dengan kuning telur yang telah dikocok.
  6. Berikan topping sesuka hati (misal: keju parut untuk kastengel).
  7. Panggang kira-kira sampai menguning dan teksturnya oke.

Done! Tunggu dingin lalu masukkan ke toples. Siap makaaan! :9

testimonial :3

Sup Bola-bola Seafood

Jadi, tadi gw membuka-buka kulkas dan menemukan bola-bola seafood yang kemaren baru dibeli. Karena terlalu biasa untuk digoreng doang, akhirnya gw dan adik memutuskan untuk bikin jadi sup, pake kuah baso gtu lah.

Ingredients:

Bola-bola seafood, bawang putih, bawang merah, garam, merica, kaldu, kecap asin, minyak, daun bawang, air, wortel, cabai

How to:

Siapin panci. Masukin sedikit minyak, yak sedikiiit aja untuk menumis bawang putih dan bawang merah yang udah diiris. Kasi merica.

Kalo udah harum, masukkin air secukupnya (untuk kuah). Masukkan juga garam, kaldu, dan kecap asin secukupnya. Tunggu sampai mendidih.

Biar segar, gw masukkan wortel yang udah diiris. Ini optional sih, tergantung selera. Kalo mau pake buncis atau kentang juga bisa. :D

Setelah wortel udah empuk, masukkan bola-bola seafood. Kasi irisan daun bawang juga biar segar. Kalo suka rada-rada pedas juga bisa dikasi irisan cabai.

Setelah itu, tunggu sebentar sampai bola-bola seafoodnya empuk, lalu siap dimakan deeeh. :D

Simple kan bikinnya…

Semua bahan-bahan yang dipake di sini emang secukupnya, karena tadi pas masak pun cuma ngira-ngira doang rasanya udah pas apa blom.

Dan untuk gw yang jarang masak ini, kata keluarga gw rasanya enak kok. B-)

Segar, spicy, segar, segar, dan segar! :)

Selamat mencoba…

how to make a home-made mashed potato

Okay, I write this recipe not because I’m good at culinary things. I just want to share my first experience of making mashed potato. :)

Ingredients:

potatoes, salt, pepper, celery, butter, half-and-half (half milk and half cream).

How to make:

First, peel the potatoes and cut them into big pieces. Put the potatoes into a pot and cover with water by an inch. Add salt. Wait until the the potatoes soften (you can use fork to check it).

Drain the potatoes, and then put them again in the pot (without water) with a low heat stove to evaporate the water inside the potatoes. Watch them. Don’t let them burn! :P

Mash the potato using potato masher, spoon, or anything.

Add some butter, half-and-half, salt and pepper. You can also add cheese to make it more tasty. Mix them up above the low heat stove.

Add celery and mix them again.

And then…, voila! The potato is ready to served! :D

You can use chili sauce, tomato sauce, red-bean sauce, or other sauce to serve with this food.

written in the “sahur” time after sahur with my home-made-mashed potato :9