Bali Trip (4): Sukawati, Tampaksiring, Perkebunan Kopi Luwak, Kintamani

lanjut lanjut cerita liburan di bali, hari keempat :)

Kamis, 13 Januari 2011

Perjalanan hari ini dimulai dengan belanja belanja di…

PASAR SUKAWATI

Yah, saya paling bingung kalo disuruh belanja oleh-oleh. Maunya kalo minta oleh-oleh tuh yang spesifik gtu, misal: “Nis, bawain kain Bali ya” atau”Nis bawain pasir pantai ya”, jangan cuma “Bawain oleh-oleh ya”. Bikin bingung, haha..

Akhirnya Ibu aja yang sibuk belanja-belanja ini itu. Nawar sadis di sini situ. Gw sih ngeliatin dan bawain barang belanjaan aja. Hahaha…

Mau beli barang buat diri sendiri juga bingung. Kalo lagi ga kepengen sesuatu emang biasanya jadi ga dapet apa-apa.

Abis belanja, kita ke…

PURA TIRTA EMPUL TAMPAKSIRING

bagian depan Pura Tirta Empul

Menurut namanya, Pura Tirta Empul Tampaksiring berarti air suci (tirta empul). Air suci ini konon berasal dari mata air yang diciptakan oleh Dewa Indra pada abad ke-2 SM. Air suci ini diciptakan untuk menyembuhkan pasukan Bhatara Indra yang keracunan akibat diracuninya mata air oleh Raja Mayadenawa. Mata air ini sampai sekarang masih aktif dan terus mengeluarkan air baik di musim panas ataupun musim hujan.

Terdapat beberapa pemandian dan banyak pancuran di Pura Tirta Empul. Setiap pancuran memiliki nama dan kegunaan sendiri. Ada yang untuk menyembuhkan orang sakit, ada yang untuk memandikan orang yang meninggal, dan lain-lain. Selain itu terdapat sebuah kolam khusus yang tertutup yang digunakan untuk memandikan barang-barang yang dikeramatkan.

Dari Pura ke atas kita dapat melihat Read More