kue lebaraaan, kastengel dan nastar <3

Mungkin udah jadi tradisi kalo di beberapa rumah setiap lebaran selalu ada hidangan khusus, misal ketupat, opor, rendang, kue-kue kering, dan lain-lain. Kalau di rumah saya: kastengel is a must! And so does nastar. :D

Kastengel dan nastar-nya ga beli, tapi di buat sendiri. Dengan resep kastengel yang keju keju keju keju keju banget banget. Dan nastar yang ukurannya jumbo dengan selai yang dibuat sendiri!

So, begini penampakannya:

Kastengel

Nastar

Bahan adonan:

  • 1 kg tepung terigu
  • 4 kuning telur bebek
  • 800 gram mentega
  • 75 gram Wisjman butter
  • 300 gram Edam cheese (khusus untuk kastengel)
  • 250 gram cheddar cheese (khusus untuk nastar)

Lain-lain:

  • 1 kuning telur bebek, dikocok. Untuk disapukan ke atas adonan sebelum dipanggang.
  • 250 gram cheddar cheese, diparut. Untuk topping si kastengel.
  • Selai nanas. Untuk isi si nastar.

Selai nanas, bahan dan cara membuatnya:

  • 1,5 kg gula pasir untuk 8 buah nanas yang telah diparut.
  • Masukkan nanas yang telah diparut ke wajan besar.
  • Masukkan gula pasir.
  • Aduk sampai mengental dengan api sedang.
  • Tunggu sampai dingin, baru bisa digunakan sebagai isi nastar.

Cara buat kuenya:

  1. Campur semua bahan adonan di wadah besar. Aduk aduk aduk sampai tercampur rata.
  2. Uleni di meja adonan yang flat dengan menggunakan roll. Cetak cetak cetak.
  3. Khusus untuk nastar: masukkan isi selai, lalu bentuk sesuka hati.
  4. Tempatkan di loyang yang telah dilapisi kertas roti dan mentega.
  5. Sapukan kue dengan kuning telur yang telah dikocok.
  6. Berikan topping sesuka hati (misal: keju parut untuk kastengel).
  7. Panggang kira-kira sampai menguning dan teksturnya oke.

Done! Tunggu dingin lalu masukkan ke toples. Siap makaaan! :9

testimonial :3

Lebaran itu…

…intinya makan makaaan.

Sesuai sebutannya, tujuannya yaa emang bikin badan makin LEBAR.

Coba aja, pagi-pagi selesai shalat Ied, di rumah langsung makan ketupat + gule-buke-buatan-Ibu-yang-enaknya-dewaaa + pindang telor.

Sumpah itu gule buke emang dahsyat banget lah. (Eh nulisnya buke gimana yaa? buke? bouquet? entahlah) Pokoknya itu sejenis gule dari padang. Kayak sate padang tapi ga pake tusuk. :D

Ampe rumah kakek, ternyata tante gw bikin NASTAR-SEGEDE-PASTEL kyaaaaa. Nastar pastel ini emang khas di keluarga gw. Biasa yang buat nenek gw. Ibu juga biasanya buat, tapi karena sibuk masak makanan berat, jadi ga sempat deh.

Nastar ini enak banget. Satu kue bisa 2 kali gigitan mulut penuh. Dahsyatlah. Yang lebih enaknya lagi, selai nanas nya itu dibuat sendiri jadi rasanya emang pas pas pas banget. XD

nastar segede pastel :9

Selain itu sebenernya gw selalu menantikan kastengel buatan Ibu. Adonan buatan Ibu dan cetakan buatan gw lebih tepatnya. Adonan Ibu itu pake keju edam berlebihan, belum topping serutan kejunya pake keju cheddar berlebihan juga. Dan cetakan gw, pastinya sesuai dengan suapan gw lah, besar besaaar. Enak pisan lah pokoknya. Sayang sekarang ga ada kastengel buatan Ibu.

ditulis dengan keadaan masih mabok nastar