Gap year

Weekend kemarin, saya dan suami menonton Pedal The World, documentary yang menceritakan pengalaman Felix Starck berkeliling dunia dengan sepeda selama setahun. Oh, ternyata mas ini adalah orang yang sama dengan yang di Expedition Happiness; film dokumenter yang bercerita tentang road trip dari Alaska ke Mexico. Pantes familiar!

Selagi menonton, suami pun bertanya-tanya, gimana ya kalau nanti Bongi mau gap year keliling dunia?

Jawaban saya: Gapapa banget! Asal dia ada tabungannya. :))

Tiba-tiba saya teringat, pas jalan-jalan ke Turki tiga tahun yang lalu, di hostel kami bertemu mbak-mbak yang lagi ambil gap year. Dia tinggal di hostel itu untuk sementara sambil bantu-bantu. Setelah itu kalau tidak salah ingat, dia mau cari internship di suatu tempat. Menarik ya!

Konsep gap year di Indonesia nampaknya belum lazim. Umumnya kita lulus SMA mesti mesti mesti banget langsung kuliah, biar cepat lulus dan langsung cari kerja.

Setelah dipikir-pikir, menurut saya, gap year ini bagus banget untuk menambah wawasan dan pengalaman (asal diisi dengan kegiatan berguna ya, ga males-malesan doang di rumah lol). Kegiatannya pun ga mesti travelling (bangkrut yekan setahun lanjalan doang), bisa magang, volunteering, atau coba usaha kecil-kecilan. Setidaknya dengan kegiatan-kegiatan tersebut, kita jadi lebih tau apa yang kita inginkan. Lebih tau “ooo kalau ambil jurusan ini tuh bisa kerja ini”, “ooo ternyata saya ga suka ini jadi sebaiknya ga memilih jurusan ini”, “ooo kerja kantoran tuh gini”, “ooo wirausaha tuh seperti ini”.

Diharapkan dengan pengalaman tersebut, si anak jadi lebih siap untuk memilih jurusan dan karir yang dia inginkan, ga sekedar masuk STEI ITB karena populer, padahal boro-boro ga suka fisika dan pemrograman (curcol!).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s