Harbolnas

working macbook computer keyboard

Photo by Negative Space on Pexels.com

Selamat 11.11!

Gimana teman-teman, sudahkah anda berkontribusi di Harbolnas 2018 ini? Saya sudah dua!

Harbolnas, hari belanja online nasional. Agak ga enak ya singkatannya. Ya ga sih? Apa gw doang? :))

Seingat saya, Harbolnas pertama kali tuh dilaksanakan di bulan Desember, 12.12.12. Perayaan ini dicetuskan untuk mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja online dan juga memajukan industri e-commerce di Indonesia. Tentunya diiming-imingi dengan diskon yang guedeee.

Sukses kah? Sukses banget ya kelihatannya. Setiap perlu barang apa, sekarang kita tinggal klik klik klik, bayar, dan paketnya pun sampai di rumah. Mulai dari popok bayi, baju, kebutuhan harian, sampai reksa dana, emas, mobil, semua bisa dibeli online.

Awalnya saya pikir harbolnas di 11.11 ini hanya dirayakan di Indonesia karena di luar sudah ada Cyber Monday dan Black Friday; diskon besar-besaran setelah Thanksgiving di mana di offline store orang-orang kayak kalap kesurupan. Ternyata 11.11 ini juga dirayakan di mana-mana, at least yang saya tau di sini (Arab Saudi) dan di Cina (called as Singles Day). Konon di Cina, Singles Day 2018 ini dimulai dengan sangat spektakuler dengan penjualan Alibaba yang mencapai $1 milyar di menit pertama. Sungguh Cina adalah market yang sangat luar biasa ya.

Gimana dengan saya di Harbolnas kali ini?

Dari jaman e-commerce belum nge-hits, saya sudah hobi banget belanja online. Pastinya sih sejak ada internet di kost-an pas jaman kuliah dulu awal 2008 (FYI, internet di kost-an diprakarsai dan dipasang atas nama gw saking gabisanya hidup tanpa internet huhu). Pas jaman kerja apalagi, udah punya duit sendiri yekan. Hampir tiap hari rumah kedatangan kurir buat antar paket. Orang tua ya geleng-geleng kepala aja.

Nah sekarang dengan nasib tinggal di antah berantah, hobi belanja online jadi agak teredam, alhamdulillah. Ga mau punya terlalu banyak barang juga soalnya nanti pas pindahan dari sini yang ada malah menyulitkan.

Kali ini, jujur aja saya ga gitu mengincar diskon di Harbolnas, tapi berhubung mertua mau datang dan saya sedang mengincar Pixy Make It Glow primer dan cushion (thanks to Suhay Salim atas racunnya), akhirnya saya browsing-browsing deh di Shopee.

Kesan pertama: WAW TAMPILANNYA RAME AMAT WAW PUSING!

Saya: Kak, punya akun Shopee ga? Pinjem dong, mau beli sesuatu.

Suami: Itu bukannya buat shopping emak-emak.

Akhirnya saya bikin akun. :’)

Browsing. Scroll scroll. Hmm banyak ya yang jual.

Cari yang bintangnya paling banyak.

Wah shade cushion yang saya mau tinggal stok 1 buah! Sebagai anak kompetitif, saya langsung checkout, bayar pake e-banking. Dan huahahaha merasa menang.

Pas saya baca detil dari laman penjualnya: “CHAT DULU YA SEBELUM ORDER BUAT CEK STOK”.

. . . . . . . T___T *berdoa semoga ga kehabisan dan uangku tidak hilang percuma*

Huhuhu kok gini sih. Kirain kalau belanja di e-commerce tuh pasti ready stock, kayak di Amazon gtu. Maksud hati belanja di situ kan biar ga usah basa-basi buang waktu kirim pesan dan nunggu balasan penjual. *introvert in me is speaking*

Langsung lah ngedumel “pasti manajemen stok barang penjualnya ga bagus nih!” Menurut hemat saya sebagai manusia sotoy, mestinya kan ya kalau lo punya item yang dijual di 2 platform yang berbeda, stoknya dipisah juga untuk menghindari stok habis ketika ada pembeli yang sudah selesai bertransaksi.

Akhirnya pas cari item kedua, saya super berhati-hati agar tidak mengulang kesalahan yang sama.

OK, how do I chat the seller?

Oh, ada info Instagramnya.

Cek Instagram, hmm kok kurang kredibel ya, follower-nya banyakan follower gw yang rakyat jelata. Tapi rating Shopee-nya OK. Hmm baiklah chat WhatsApp-nya.

Akhirnya transaksi terjadi melalui WhatsApp.

Lah, ini apa gunanya si Shopee dong Jaenaaaab. -___-

Pas cerita ke bu mertua, “Nis, kan bisa chat di Shopee-nya klik yang balon balon itu.”

Ga liat huhu gaptek banget lah gw sumpah huhu kesel sendiri. Setelah empat tahun merantau sepertinya saya sudah tertinggal dengan perkembangan e-commerce di Indonesia. Apalah itu goyang Shopee ga ngerti blas.

Berdoa aja semoga barangnya sampai. Sekian. THXBYE.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s