Bapak millenial

man holding a baby photo

Photo by Flo Maderebner on Pexels.com

Minggu lalu sambil makan siang, saya dan suami mendengarkan podcast #CurhatBabu-nya @sheggario dan @nuchabachri yang berjudul “Bapak Millenial”. Garis besar curhatnya sendiri adalah tentang bagaimana Ario membangun kedekatan dengan anak-anaknya.

Setelah mendengarkan podcast itu, saya jadi ngerasa bener juga ya; bapak bapak angkatan saya, alias bapak millenial itu kok rasanya lebih dekat dengan anak dan ga malu untuk hands-on dengan pengasuhan anak. Aku terharu. T___T

Sebagai seseorang yang lahir dari generasi baby boomers dengan peran bapak yang cukup minim, tentu saya senang sekali dengan fenomena ini. Hal ini sebenarnya sudah saya utarakan dari jauh-jauh hari ke suami: saya mau suami turut berperan aktif dalam pengasuhan anak. Kedekatan anak dengan ibunya itu natural terutama dalam tahun-tahun pertamanya, namun kedekatan bapak dengan anak itu harus dibangun dan diusahakan. Saya mau anak saya dekat dengan bapaknya, ga jadi anak mama, tapi anak mama papa. Saya mau ketika dia tumbuh ada aktivitas dan hobi yang suka mereka lakukan bersama, sehingga ketika dia besar nanti ada memori yang berkesan dengan bapaknya.

Numpang curhat, saya tumbuh dengan kedekatan yang sangat sangat kurang dengan bapak. Ketika diminta untuk bercerita tentang pengalaman menarik bersama bapak, saya harus berpikir keras. Saya ga mau hal ini terjadi ke anak saya. Sebenarnya bapak adalah orang yang sangat baik, namun kaku. Maybe that’s why. Dan nampaknya sekarang sudah telat untuk memulai bonding antara saya dan bapak. Akhirnya saya pun suka kesal iri sedih kalau membaca cerita tentang kedekatan seseorang dengan bapaknya. Hah emang cerita kayak gini mungkin ya? Karena itu ga relatable banget. T___T

Anak kami saat ini baru saja menginjak usia 7 bulan. Perjalanan masih jauh, tapi semua harus dimulai sedini mungkin. Semoga ia dapat tumbuh sebagai anak bapak ibu, karena mendidik dan membesarkan anak itu bukan hanya tugas ibu, namun juga tugas bapak. Go go go ibu bapak millenial!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s