Jaksel language

Belakangan ini sering banget anak Jaksel diceng-cengin karena penggunaan bahasanya yang literally campur-campur which is kayak gini.

Saya sih ikut ketawa ajaaa, soalnya emang sendirinya juga sering banget campur-campur bahasa, bukan hanya di tulisan, bahkan di percakapan sehari-hari. Untungnya memang sudah ganti kewarganegaraan dari Bekasi ke Jakarta Selatan. :))

Merasa keren? Bangga? Ga sih, kadang malah sedih. :))

Sedih karena ternyata ik tidak kompeten dalam berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris. Selain itu, ini juga menandakan bahwa otak saya malas mencari padanan kata yang tepat serta miskin kosa kata.

Kalau misalnya saja saya fasih dalam berbahasa Inggris, tentunya dengan mudah saya merangkai kalimat dalam bahasa Inggris. Begitu juga dalam penggunaan bahasa Indonesia, kadang kala terselip kata dalam bahasa Inggris di kalimat dan kesulitan untuk mencari padanannya dalam bahasa ibu saya sendiri. Sad!

Mungkin dalam berbicara secara langsung, hal tersebut dapat dimaklumi, karena dalam percakapan yang penting adalah saling mengerti. Namun lain halnya dalam tulisan. Menurut saya, cukup sulit untuk menulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar tanpa terasa kaku.

Tapi, sesulit-sulitnya menulis biasa, yang paling sulit adalah menulis email dalam bahasa Indonesia. Selama tujuh tahun bekerja, saya selalu menggunakan bahasa Inggris dalam korespondensi email. Ketika diharuskan untuk menulis email dalam bahasa Indonesia, doenggg… hasilnya kaku banget kayak kanebo kering.

Menurut saya, bahasa dalam email itu unik. Tapi gimana ya kalau dalam bahasa Indonesia? Setiap saya coba tulis, kok kesannya either kaku atau terlalu kasual bin sok ikrib. :))

Bagaimana dengan kalian?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s